Terimakasih untuk kunjunganannya semoga artikelnya bermanfaat,jgn lupa FOLLOW yaaaa . . .
FREE DOWNLOAD AND FREE ALL

Pages

Rabu, 30 Maret 2011

Bahayanya berlebihan Minum Minuman Bersoda

Pada siang hari yang terik tentunya akan sangat menyenangkan apabila kita minum yang segar-segar, apalagi bila dicampur dengan es batu, membuat tenggorokan terasa dingin dan segar dan menghalau hawa terik di siang hari.
Yang paling mudah dan praktis tentunya adalah minuman bersoda yang akan dengan mudah kita peroleh entah dari lemari es kita atau dari toko disekitar rumah kita. Tinggal buka dan dinikmati tanpa kesulitan, kita sudah merasakan kesegarannya.
Akan tetapi bagi anda penggemar minuman bersoda, waspadalah! Dibalik kesegaran minuman bersoda terdapat bahaya yang serius bagi tubuh kita, antara lain:

1. Membahayakan ginjal
Sebuah lembaga penelitian di Amerika Serikat melakukan penelitian terhadap 3256 orang yang punya rutinitas minum minuman bersoda minimal 2 kali dalam 1 hari. Hasilnya mengejutkan, ternyata 30 % responden mengalami kerusakan ginjal atau mengalami penurunan fungsi terhadap ginjal mereka. Menurut para ahli hal tersebut disebabkan oleh banyaknya kandungan bahan kimia dalam minuman bersoda tersebut seperti pewarna buatan, pemanis buatan, kafein, dan juga asam fosfat.

2. Meningkatkan resiko obesitas
Minuman bersoda kaya akan kalori. Kalori yang masuk ke dalam tubuh secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kegemukan/obesitas, tidak hanya bagi orang dewasa tapi juga risiko terhadap anak-anak.
Di Amerika Serikat tingkat obesitas penduduknya sangat tinggi, tidak bagi orang dewasa saja tapi juga pada anak-anak. Salah satu penyebabnya adalah minuman bersoda. Bagi masyarakat AS minum minuman bersoda sudah seperti minum air putih, tidak ada bedanya. Setiap kesempatan mereka lebih memilih minuman bersoda, hasilnya mereka banyak yang menderita obesitas atau kegemukan.
Yang perlu diingat bahwa obesitas atau kegemukan meningkatkan risiko munculnya penyakit-penyakit yang lain seperti diabetes, stroke, jantung koroner dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.
3. Meningkatkan risiko diabetes
Bagi orang yang menderita diabetes haruslah mengatur dengan sangat ketat konsumsi gula yang masuk ke dalam tubuh, karena hormon insulin yang ada di dalam tubuh tidak cukup bahkan tidak sanggup untuk mengubah zat gula menjadi glikogen, akibatnya gula darah/glukosa akan meningkat dan membahayakan keselamatan jiwa penderitanya.

4.  Meningkatkan risiko kerusakan gigi
Mengkonsumsi minuman bersoda terlalu banyak akan meningkatkan risiko kerusakan gigi, hal ini karena minuman bersoda mengandung banyak zat gula, selain itu kandungan asam fosfat juga turut menyumbang kerusakan gigi.

5.Meningkatkan risiko kanker pankreas
Dalam suatu penelitian di Amerika Serikat, kandungan minuman bersoda dipercaya sebagai salah satu pemicu timbulnya kanker pankreas. Dalam penelitian tersebut, 87% responden yang minimal mengkonsumsi minuman bersoda 2 kali sehari mengalami peningkatan risiko kanker pankreas.
Penelitian dilakukan terhadap 60524 responden (pengonsumsi minuman bersoda) selama 14 tahun. Hasilnya, sebanyak 87% mengalami risiko kanker pankreas yang terlihat melalui gejala-gejalanya.

6. Meningkatkan Ketergantungan pada Kafein
Minuman bersoda mengandung kafein. Zat ini sejak dulu dikenal sebagai zat yang mampu membuat orang ketergantungan. Meskipun kafein mempunyai efek positif terhadap tubuh, efek negatif kafein ternyata lebih banyak. Misalnya, membuat jantung berdebar, insomnia, tekanan darah rendah, dan lain-lain.
Setelah mengetahui bahaya-bahaya yang terkandung di balik minuman bersoda hendaknya kita lebih mengontrol konsumsi minuman bersoda. Bukannya tidak boleh, boleh asal kita tetap menjaga supaya tidak berlebihan. Dan akan lebih baik apabila kita mengganti minuman bersoda dengan yang alami misal air putih atau jus buah.

Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

~ Komentar Agan sangat berarti untuk kemajuan blog ini ~

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites